11 Lokasi Calon Huntara untuk Tampung Pengungsi Tsunami Selat Sunda

JawaPos.com – Pada hari kesembilan usai bencana tsunami melanda wilayah Banten, penduduknya yang terdampak ditampung di pengungsian. Saat ini ada sepuluh ribuan pengungsi ditampung di 41 sekolah yang tersebut di kawasan Pandeglang.

Pekan depan mereka harus dipindah ke daerah lain karena bangunan sekolah akan dipakai untuk proses belajar mengajar. Pasalnya masa liburan sekolah sudah berakhir dan mulai memulai proses belajar mengajar pada 7 Januari 2019. Untuk itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Pemprov Banten tengah berupaya mencari lokasi untuk menyediakan hunian sementara (huntara).

Salah satu syarat lokasi huntara itu yakni berjarak 1 kilometer dari bibir pantai. “Kami sedang melakukan pendataan, daerah mana saja yang layak dibuatkan hunian-hunian sementara,” ujar Kepala Pusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jakarta, Senin (31/12).

11 Lokasi Calon Huntara untuk Tampung Pengungsi Tsunami Selat SundaKepala Pusdatin Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho (Issak Ramdhani/JawaPos.com)

Menurut Sutopo, saat ini ada 11 lokasi yang memenuhi kriteria tersebut. Untuk itu pihaknya kini melakukan pendataan untuk memastikan lokasi-lokasi itu aman untuk dibangun huntara. “Ada 11 lokasi yang layak untuk dibangunkan hunian sementara. Itu aman karena jaraknya lebih dari 1 kilometer dari bibir pantai,” paparnya.

Adapun 11 lokasi calon huntara sebagai berikut:

1. Lapangan Desa Bojen, Kecamatan Sobang, seluas 6.400 meter persegi dan berjarak 5,5 kilometer dari pantai.

2. Lapangan Desa Gombong 1 Kp 9, Kecamatan Panimbang, seluas 6.500 meter persegi dan berjarak 2,8 kilometer dari pantai.

3. Lapangan Desa Gombong 2 Kp 10, Kecamatan Panimbang, seluas 6.500 meter persegi dan berjarak 3,8 kilometer dari pantai.

4. Desa Teluk Lada, Kecamatan Sobang, yang merupakan Balai Penyuluhan Pertanian, seluas 2,5 hektare dan berjarak 5 kilometer dari pantai.

5. Kampung Pasirmalang, Desa Keryajaya, Kecamatan Sumur, seluas 4 hektare.

6. Kampung Pasirjaya, Desa Cigorondong, Kecamatan Sumur, seluas 4.000 meter persegi.

7. Kampung Palingping, Desa Tunggaljaya, Kecamatan Sumur, seluas 2.000 meter persegi.

8. Kampung Cikawung, Desa Ujungjaya, Kecamatan Sumur, berjarak 1 kilometer dari pantai.

9. Kampung Cibenda, Desa Sukarame, Kecamatan Carita, seluas 1.000 meter persegi, berjarak 2 kilometer dari pantai. Status lahan: milik warga lokal.

10. Kampung Dukuh, Desa Sukanegara, Kecamatan Carita, seluas 1.000 meter persegi, berjarak 1 kilometer dari pantai. Status lahan: Tanah Bengkok.

11. Desa Banyubiru, Kecamatan Labuan.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 33.721 orang mengungsi akibat tsunami Selat Sunda. Sekitar 10 ribu pengungsi di antaranya menempati 41 sekolah di Banten.

Editor      : Ilham Safutra
Reporter : (ce1/yes/JPC)