Pria India Tutup Hampir 600 Lubang Jalan Demi Anaknya yang Tewas

New Delhi – Mengharukan! Seorang ayah di India menutup lubang-lubang di jalanan untuk membantu mengurangi kesedihan mendalamnya karena kehilangan anak tercinta. Nyawa sang anak terenggut akibat jalanan yang berlubang.

Tiap tahun, ribuan orang di India tewas dalam kecelakaan lalu lintas akibat kondisi jalanan yang berlubang. Termasuk Prakash Bilhore, remaja putra yang baru berumur 16 tahun ketika tewas pada Juli 2015 di Mumbai, kota bisnis India berpenduduk 20 juta jiwa.

Prakash Bilhore berboncengan dengan sepupunya ketika motornya menghantam sebuah lubang yang dalam, hingga membuat keduanya terpental menghantam aspal. Prakash yang tidak mengenakan helm, tewas karena mengalami kerusakan otak. Sedangkan sepupunya yang mengenakan helm, hanya menderita luka-luka ringan.


Untuk menghilangkan kesedihannya atas kematian putranya, ayah Prakash, Dadarao Bilhore memutuskan untuk melakukan sesuatu mengenai jalanan di Mumbai yang terkenal buruk, sama seperti sebagian besar kota-kota India lainnya.

Dengan menggunakan pasir dan kerikil yang dikumpulkan dari tempat-tempat konstruksi, Bilhore telah menutup hampir 600 lubang di jalan di seluruh Mumbai selama tiga tahun terakhir. Pria berumur 48 tahun itu melakukan hal tersebut untuk mengenang putra tercintanya dan untuk menyelamatkan nyawa orang lain.

“Kematian mendadak Prakash meninggalkan kekosongan besar dalam hidup kami. Saya melakukan pekerjaan ini untuk mengenang dan menghormatinya,” tutur Bilhore seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (14/9/2018).

“Saya juga tak ingin orang lain kehilangan orang tercinta seperti yang kami alami,” imbuh Bilhore yang bekerja sebagai pedagang sayur.

Statistik pemerintah menunjukkan bahwa jalan berlubang telah menyebabkan kematian 3.597 orang di seluruh India tahun lalu, atau rata-rata 10 kematian per hari. Warga menyalahkan ketidakpedulian pemerintah dan menuding otoritas lokal gagal memelihara jalanan dengan baik.

“Pemerintah perlu bertanggung jawab dan menciptakan infrastruktur yang lebih baik,” tegas Bilhore.

Dikatakannya, dirinya telah menutup 585 lubang di jalanan, sebagian besar seorang diri, dan lainnya dengan dibantu para relawan yang tergerak akan kisahnya.

Atas aksinya ini, Bilhore telah menghiasi pemberitaan berbagai surat kabar India dan menerima sejumlah penghargaan. “Pengakuan atas pekerjaan kami telah memberi saya kekuatan untuk mengatasi kepedihan dan ke mana pun saya pergi, saya merasa Prakash berdiri bersama saya,” ucap Bilhore.

“Selama saya masih hidup dan bisa berjalan, saya akan menyingkirkan semua lubang ini,” tandasnya.
(ita/ita)

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.