Naik Motor Sendirian dan Terjatuh? Lakukan Hal Ini

Jakarta – Dalam lalu lintas ada banyak kemungkinan yang menjadi faktor terjadinya sebuah kecelakaan. Baik dari kelalaian pengendara sendiri, pengendara lain, buruknya infrastruktur yang dilalui, dan lain-lain.

Musibah tidak ada yang tahu dan ketika hal itu datang Otolovers diharapkan sudah siap menghadapinya. Apalagi kalau musibah itu menimpa diri kita yang sedang berkendara sendirian.

Jika anda mengalami kecelakaan mungkin di tempat yang cukup sepi atau pada malam hari dan masih sadar coba ikuti beberapa saran yang diberikan oleh Dokter Agung dan Dokter Errawan berikut. Bukan sembarang dokter, keduanya juga hobi menggeber motor tergabung dalam klub MedDocs and Friends Indonesia.


Dokter-dokter ini selain bisa menangani pasien di rumah sakit juga suka melakukan riding seperti bikers di luar sana.

“Kalau sendirian terus jatuh yang pertama harus dipastikan adalah apakah kaki bisa digerakkan atau tidak, selanjutnya bisakah tangan menjangkau helm, lalu gerakkan kepala jika tidak sakit coba lah lepas helm,” terang Dokter Agung.

Jika anda sanggup usahakan untuk menepi terlebih dahulu ke pinggir jalan yang aman.

Selamatkan terlebih dahulu diri Anda, jangan evakuasi sepeda motor dulu sebelum memastikan keselamatan diri sendiri. Setelah memastikan berada di tempat yang aman barulah meminta pertolongan melalui alat komunikasi jika ada. Oleh karena itu Dokter Agung mengingatkan untuk menaruh handphone di tempat yang mudah dijangkau dan aman.

Dokter Errawan menyarankan anda yang mengalami kecelakaan di tempat yang sulit mendapatkan pertolongan dengan cara memberi sinyal menggunakan klakson atau flashlight jika itu pada malam hari.

“Kalau sendirian memang sulit ya, pertama cobalah menarik perhatian orang lain dan kalau mampu merayap ke tempat aman sampai pertolongan datang” tambah Dokter Errawan. (dry/ddn)