Menjaga Stamina Saat Touring ala Dokter

Jakarta – Selain sekadar menjadi kebutuhan transportasi, sepeda motor bagi sebagian orang dijadikan sebagai hobi. Salah satu kegiatan hobi yang tidak asing bagi penggemar sepeda motor adalah touring entah itu dalam kota, antarkota, sampai antarnegara.

Riding yang jauh membutuhkan kondisi fisik yang sehat dan fit. Melakukan touring saat mengalami sakit sekecil apa pun bukanlah tindakan yang bijak. Salah satu yang terpenting dalam touring adalah stamina dan ketahanan tubuh. Dokter Agung yang tergabung dalam klub motor dokter MedDocs and Friends punya tips sehat untuk Anda supaya tidak mudah capek saat touring dan sampai tujuan dengan selamat.


Supaya nggak capek saat berkendara perlu dipikirkan dan direncanakan kapan dan di mana harus berhenti. Hal ini perlu agar bisa memulihkan kembali tenaga untuk melanjutkan perjalanan.

“Setiap satu setengah jam atau paling lama dalam touring harus berhenti maksimal 2 jam berhenti. Atau kalau mau hitung dari jarak itu sekitar 100 sampai 150 kilometer,” ujar dr Agung.

Saat istirahat bisa diisi dengan memenuhi kebutuhan tubuh seperti makan dan minum. “Selain minum lakukan stretching dan refreshing untuk melonggarkan otot-otot yang pegal,” tambah dr Agung. Menurutnya, hal tadi bisa menurunkan rasa capek dan menjaga stamina tetap terjaga mencapai tujuan.

Dokter Errawan menambahkan minimal istirahat paling sedikit selama 30 menit sebelum melanjutkan perjalanan. “Nah dalam istirahat apalagi saat siang dan makan usahakan tidak makan terlalu banyak,” ungkap dr Errawan. Dokter Errawan menerangkan pada saat makan terlalu banyak otomatis aliran pembuluh darah dari kepala itu relatif akan membantu pencernaan makanan yang menyebabkan ngantuk dan berbahaya jika berkendara.

“Dalam istilah medis kondisi tersebut disebut hipovolemia relatif, jadi kekurangan cairan, kekurangan darah relatif menghasilkan pencernaan yang aktif. Oleh karena itu makan siang tidak terlalu kenyang dan yang pasti tidak mengkonsumsi alkohol,” pungkas dr Errawan usai melakukan Sunday Morning Riding bersama MedDocs and Friends, akhir pekan kemarin. (rgr/ddn)