Jadi Mekanik Honda, Siswa SMK Harus Atasi Motor dengan Cepat

Bekasi – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali mengadakan Kontes Keterampilan Teknik SMK Honda Tingkat Nasional 2018. Kontes ini bertujuan mencari bibit mekanik andal dari seluruh pelosok Indonesia.

Prosesnya pun cukup ketat. Peserta diseleksi mulai tingkat sekolahan, regional, hingga nasional. Di tahap akhir, sebanyak 40 peserta mengikuti kontes yang diselenggarakan di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, pada 16-17 Oktober 2018.

Proses penjurian pun dilakukan secara ketat. Pantauan detikOto di lapangan, peserta kontes harus melewati tahap demi tahap ujian dengan waktu yang mepet.

Beberapa sesi materi ujiannya antara lain merakit sokbreker depan, menjelaskan fungsi dan mengatasi problem di Honda Smart Key, memasang rantai keteng, merakit diagram kelistrikan, sampai bongkar pasang CVT.

“Tiap sesi diberikan waktu 10 menit. Sehingga total untuk melakukan kelima tahapan tes mencapai 50 menit,” ujar Danang Priyokumoro, salah satu Ketua Juri kontes keterampilan ini.

Ternyata ujiannya tidak sampai di situ. Di ruangan lain, masih ada sesi ujian yang siap menghadang para siswa peserta kontes.

“Untuk di sini, ujiannya lebih teknis. Pertama mengatasi problem di Honda BeAT. Jadi siswa harus selesaikan troubleshooting sampai motor hidup dan layak jalan. Waktunya sekitar 30 menit. Tes selanjutnya, siswa melakukan perawatan Honda Revo meliputi penggantian kampas rem saluran bahan bakar. 30 menit harus selesai,” kata M Syarif, Ketua Juri lainnya.

Dalam kedua sesi ujian tersebut, siswa tidak hanya dituntut mampu memahami dan mengatasi setiap permasalahan teknis yang ada di sepeda motor. Lebih dari itu, siswa juga dituntut cakap menggunakan perlengkapan tools.

“Peserta harus pandai menganalisis masalah. Selain itu juga harus bisa gunakan tools sesuai SOP. Jangan lupa kecepatan, kebersihan, dan kerapihan jadi bahan penilaian juga,” pungkas M Syarif. (rgr/ddn)