Mobil Esemka Mirip Mobil China?

Jakarta – Baru akan meluncur, Esemka kembali mendapatkan komentar bernada miring. Banyak dari komentar tersebut mengatakan bahwa Esemka tidak akan diproduksi secara lokal melainkan mendatangkannya dari China dan mengganti emblemnya dengan tulisan Esemka.

Hal itu menyeruak sejak awal tahun 2018. Saat itu foto mobil SUV berwarna putih sedang diangkut di jalan dengan emblem ‘Esemka Garuda I’ muncul dan viral di media sosial.

Secara bentuk mobil itu mirip dengan SUV buatan China, Foday Landfort. Kaca belakang, lampu belakang, hingga reflektor pun serupa dengan mobil China tersebut.

Entah sama atau berbeda, di China, Foday Landfort yang mirip Esemka Garuda I ini ditawarkan beberapa pilihan mesin. Mulai dari mesin bensin 2.4 liter sampai mesin diesel 1.9 liter.

Mobil China yang mirip Esemka Garuda I. Mobil China yang mirip Esemka Garuda I. Foto: Pool (chinaautoweb)

Sementara Esemka dalam daftar lulus Uji Tipe memiliki mesin 2.0 L dengan penggerak roda 4×4. Belum ada spesifikasi detail soal Esemka Garuda I di Indonesia. Esemka yang sempat ketahuan spesifikasinya adalah Esemka Rajawali buatan Kiat Motor.

Esemka Rajawali juga memiliki mesin 2.0L empat silinder dengan multi point injection. Dengan mesin itu, Esemka Rajawali bisa menyemburkan tenaga setara 105 daya kuda pada putaran 5.500 rpm. Torsinya mencapai 145 Nm pada 4.100 rpm. BBM jenis premium masih bisa ditenggak oleh Esemka ini. Kapasitas tangkinya juga cukup besar nih Otolovers mencapai 75 liter.

Tak lupa ada beberapa fitur yang disematkan oleh Sukiyat di Esemka buatannya ini. Mulai dari interior Power Steering, Power Windows, Central Lock, AC Dual Zone, Pemantik Api.

Sementara Foday Landfort di China ditawarkan dengan pilihan penggerak roda depan dan penggerak empat roda. Tenaga yang disalurkan bisa mencapai 134 daya kuda pada 5.250 rpm dan torsi maksimal 200 Nm pada 2.500-3.000 rpm untuk mesin bensin serta 134 daya kuda pada 4.000 rpm dengan torsi maksimal 300 Nm pada 1.800-2.800 rpm.

Mobil bisa menempuh kecepatan hingga 160 km/jam. Untuk mendukung kestabilan dan kenyamanan, mobil itu pakai suspensi depan double wishbone dan suspensi belakang five-link.

Foday Landfort yang mirip Esemka Garuda I merupakan SUV 7 penumpang. Fitur keselamatan pun lengkap seperti Dual Front Airbags, ABS+EBD, Child-proof door locks, speed and crash sensors, remote key, dan rearview camera. (dry/rgr)