Khashoggi Hilang, Konjen Arab Saudi Dicopot dan Akan Diselidiki

Riyadh – Konsul Jenderal (Konjen) Arab Saudi di Istanbul, Turki, Mohammed al-Otaibi, dicopot dari jabatannya dan akan diselidiki. Hal ini terjadi saat penyelidikan masih berlangsung terhadap hilangnya wartawan Saudi, Jamal Khashoggi, usai masuk ke Konsulat Saudi di Istanbul.

Seperti dilansir media lokal Turki, Hurriyet Daily News dan Reuters, Kamis (18/10/2018), kabar pencopotan itu disampaikan oleh surat kabar online Saudi, Sabq, yang mengutip pernyataan resmi seorang pejabat Saudi. Saat kabar pencopotan diumumkan, Al-Otaibi diketahui telah berada di Saudi.

Tidak dijelaskan lebih lanjut oleh Sabq soal dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Al-Otaibi sehingga harus diselidiki.

Namun laporan surat kabar lokal Turki, Yeni Safak, sebelumnya menyebut suara Al-Otaibi terdengar pada salah satu rekaman audio yang disebut diambil saat ‘interogasi’ terhadap Khashoggi di dalam Konsulat Saudi.

Dalam rekaman audio itu, Al-Otaibi terdengar mengatakan sesuatu saat penyiksaan Khashoggi. “Lakukan ini di luar. Anda akan membuat saya dalam masalah,” demikian kata-kata Al-Otaibi menurut Yeni Safak.

Harian Turki itu juga melaporkan, bahwa dalam rekaman audio lainnya, seseorang yang tak dikenal berkata kepada Al-Otaibi: “Jika Anda ingin hidup ketika Anda datang ke Arab Saudi, diamlah!”

Yeni Safak tidak menyebutkan bagaimana rekaman itu audio itu muncul atau bagaimana media itu mendapatkannya.

Sementara itu, rumah dinas Al-Otaibi di Istanbul telah digeledah polisi Turki pada Rabu (17/10) sore, sekitar pukul 16.45 waktu setempat. Penggeledahan ini masih terkait kasus hilangnya Khashoggi.

Al-Otaibi tidak berada di rumah dinasnya saat penggeledahan berlangsung karena dia telah kembali ke Riyadh, Saudi sejak Selasa (16/10) waktu setempat.

Saksikan juga video ‘Isu Hilangnya Jurnalis Saudi, Dimutilasi hingga Dilarutkan Zat Asam’:

[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita) Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.