Seru! Rider MotoGP Balapan Pakai Motor Mini

Jakarta – Bagi pebalap MotoGP, mereka sudah biasa adu cepat dengan motor sport bermesin 1.000 cc. Mereka bahkan sangat ahli menunggangi motor balap yang dirancang khusus untuk MotoGP itu.

Tapi, ada hal nyeleneh dilakukan beberapa pebalap MotoGP. Mereka melakukan balapan dengan motor mini. Bisakah pebalap MotoGP menaklukkan motor mini yang biasanya dipakai anak-anak?

Ini merupakan aktivitas beberapa pebalap MotoGP di Jepang menjelang balapan di Twin Ring Motegi akhir pekan nanti. Menggunakan motor kecil, mereka beradu cepat di lintasan yang dibuat khusus.

“Mungkin ini terlalu kecil untukku. Tapi oke juga,” kata Aleix Espargaro dalam Instagram storie MotoGP.

Aktivitas balapan menggunakan motor mini ini cukup unik. Pebalap MotoGP harus bergantian menunggangi motor mini dengan anak-anak Jepang. Ada tiga sesi, pertama pebalap MotoGP melakukan start balapan dan memutari sirkuit khusus motor mini ini selama tiga putaran, kemudian mereka harus bergantian dengan anak-anak kecil Jepang untuk melahap tiga putaran selanjutnya, dan kembali bertukar rider dengan pebalap MotoGP yang menyelesaikan balapan.

Tim Alvaro Bautista menjadi yang tercepat. Posisi kedua diamankan oleh pebalap Malaysia, Hafizh Syahrin, dan posisi ketiga ditempati Jack Miller.

Uniknya lagi, untuk menentukan pole position saat start balapan motor mini ini tidak melalui sesi kualifikasi seperti di balapan MotoGP sesungguhnya. Namun, pebalap MotoGP mengambil bola undian nomor berapa posisi mereka harus memulai balapan dengan mengambil bola.

“Balapannya cukup sulit karena kami memulai balapan dari grid belakang. Karena kami mengambil pilihan yang salah, mengambil bola, kami kurang bagus,” kata Bautista yang akhirnya memenangkan balapan motor mini ini. (rgr/lth)