73.394 Pelamar PPPK Lolos Seleksi Administrasi

JawaPos.com– Seleksi administrasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) telah rampung sebagian. Data sementara Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan, 73.394 pelamar dinyatakan memenuhi syarat dan lolos administrasi.

Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan memerinci, jumlah pelamar PPPK 90.580 orang. Dari jumlah tersebut, 14.855 pelamar belum diverifikasi. Lalu, ada 73.394 pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, 105 pelamar salah instansi, dan 2.226 pelamar tidak memenuhi syarat. ”Untuk (pelamar, Red) yang lulus (seleksi administrasi, Red) selalu cek media sosial BKN agar tidak ketinggalan informasi,” katanya kemarin (21/2).

Dia menjelaskan, pelamar bisa mengecek informasi terkait dengan persiapan seleksi dan informasi umum lainnya di website atau media sosial (medsos) BKN. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak ikut seleksi kompetensi berbasis komputer pada 23-24 Februari. Pengumuman nama-nama, jadwal, sekaligus lokasi seleksi kompetensi melalui website badan kepegawaian daerah (BKD) masing-masing.

73.394 Pelamar PPPK Lolos Seleksi AdministrasiIlustrasi: PPPK diikuti 73 ribu peserta. (Suryanto Putramuji/Radar Surabaya)

Ridwan menuturkan, hingga kemarin belum ada kepastian penentuan kelulusan seleksi kompetensi apakah berbasis passing grade atau pemeringkatan. Meski begitu, dia meyakini tetap ada passing grade layaknya tes CPNS 2018. Hanya, kepastian ketentuan seleksi kompetensi tersebut bakal diatur dalam permen PAN-RB. 

Editor           : Ilham Safutra
Reporter      : (wan/c19/fal)