Berjarak Paling Dekat Dengan GAK, Warga 2 Pulau Dievakuasi ke Lamsel

JawaPos.com – Satu per satu desa yang terisolasi akibat tsunami di Selat Sunda bisa ditembus. Dari enam desa di Kecamatan Sumur, Pandeglang, yang terisolasi, tim evakuasi berhasil memasuki dua desa kemarin. Yakni, Desa Taman Jaya dan Tunggal Jaya.

“Sudah didirikan rumah sakit lapangan juga di sana,” kata Kepala Pusat Data Informasi (Kapusdatin) dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho kemarin (26/12).

Dia menjelaskan, bantuan logistik didistribusikan melalui jalur darat, laut, dan udara. Jalur darat masih sulit diakses karena banyak jalan yang rusak. Mobilisasi juga terhambat karena banyak warga yang berseliweran mencari keluarga masing-masing.

Berjarak Paling Dekat Dengan GAK, Warga 2 Pulau Dievakuasi ke LamselKondisi pantai Carita setelah diterjang tsunami. (Muhammad Ali/Jawa Pos)

“Bahkan, ada yang datang dari luar daerah. Ada pula yang cuma penasaran pengin lihat-lihat dampak tsunami,” katanya.

Jumlah korban jiwa dan kerugian materi kembali bertambah. Hingga pukul 13.00 kemarin, BNPB mencatat ada 430 korban meninggal, 159 orang hilang, 1.495 mengalami luka, dan 21.991 orang mengungsi. Kerusakan materi terdiri atas 924 rumah, 73 penginapan, 60 warung, 434 perahu dan kapal, 24 kendaraan roda empat, 41 kendaraan roda dua, dan masing-masing satu dermaga serta selter.

Salah seorang korban yang kemarin bisa dikenali adalah putri pertama Heriyanto alias Aa Jimmy, Radea Putri Anindyta. Menurut informasi yang diterima Aan Kurnia alias Apoy, gitaris band Wali, jenazah tersebut telah dievakuasi dari Kecamatan Sumur, Pandeglang. “Tadi (kemarin, Red) pukul 16.30 bisa dikenali dari anting-anting Mickey Mouse dan Hello Kitty,” ujar Apoy yang ditemui di RSUD Dradjat Prawiranegara Serang.

Jenazah Putri dibawa langsung ke Cianjur dengan ambulans Walicare tadi malam. Jenazah akan dimakamkan berdampingan dengan pusara Aa Jimmy beserta sang istri Hati Nurillah dan putri kedua mereka, Naisya Rafani Aradya.

Aa Jimmy dan keluarganya juga menjadi korban tsunami pada Sabtu malam (22/12) saat berada di Tanjung Lesung Beach Hotel. Saat itu Aa Jimmy bersama rekannya, Ade Jigo, menjadi pembawa acara di family gathering PLN.

Sementara itu, Kemenhub mengevakuasi 1.200 orang dari Pulau Sebuku dan Sebesi kemarin. Dua pulau tersebut berjarak paling dekat dengan Gunung Anak Krakatau. Warga diangkut dengan feri ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. “Selanjutnya, seluruh pengungsi dibawa ke pendapa Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel),” terang Direktur Jenderal Perhubungan Laut R Agus H. Purnomo.

Meski demikian, menurut seorang warga Pulau Sebesi, Umar Hadi, masih banyak warga yang memilih tinggal di pulau untuk menjaga rumah masing-masing. ”Ada sekitar 1.500 orang yang masih di Sebesi. Mereka tinggal karena rumah mereka di sini sejak dulu,” katanya saat dihubungi lewat telepon.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bersama Badan Geologi terus memantau aktivitas tremor Gunung Anak Krakatau (GAK). Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebutkan, pihaknya meminta masyarakat di pesisir pantai Selat Banten untuk tetap waspada.

”Menghindari lokasi pesisir atau pantai dalam radius 500 meter hingga 1 km,” katanya. BMKG belum menginformasikan sampai kapan peringatan tersebut bakal diberlakukan. Sebab, GAK terus mengalami erupsi.

Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), status GAK belum berubah. Masih level II (waspada). Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG Wawan Irawan mengungkapkan, gempa tremor terus terjadi dengan amplitudo 9-35 mm (dominan 25 mm). Lontaran material serta debu masih tebal dan puncak kawah tidak teramati.

“Angin kencang bertiup ke arah utara dan timur laut. Masyarakat dan wisatawan tetap tidak boleh beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari kawah,” ujarnya.

Editor      : Ilham Safutra
Reporter : (tau/wan/idr/jun/c5/c9/oni)