BKN Targetkan Usulan NIP CPNS 2018 Rampung Akhir Februari

JawaPos.com – Daftar instansi yang sudah menyelesaikan verifikasi dan validasi (verval) calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 terus bertambah. Update terakhir, sebanyak 545 kementerian/lembaga/pemerintah daerah yang sudah mengumumkan hasil akhirnya.

Setelah dinyatakan lulus, peserta perlu menghadapi tahapan akhir, yakni pemberkasan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menetapkan batas waktu pada akhir Februari 2019 untuk pengusulan penetapan NIP bagi CPNS 2018. Batas waktu itu ditetapkan kepada para Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) instansi pusat, provinsi, dan kota.

“Usul penetapan NIP bagi CPNS sudah harus diterima secara lengkap di Kantor BKN Pusat/Kantor Regional BKN paling lambat akhir Februari,” ujar Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam suratnya kepada Sekretariat Kabinet yang diterima JawaPos.com, Minggu (20/1).

Usul penetapan NIP tersebut harus disertai lampiran Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), tentang Penetapan Kebutuhan PNS Tahun Anggaran 2018 masing-masing instansi.

Selain itu, perlu juga dilampirkan pengumuman keputusan kelulusan dari masing-masing Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) berdasarkan peringkat hasil integrasi nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan nilai Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Penentuan mulai berlaku pengangkatan sebagai CPNS Tahun Anggaran 2018 terhitung mulai tanggal 1 bulan berikutnya dari tanggal penyampaian usul penetapan NIP kepada Kepala BKN bagi Instansi Pusat atau Kepala Kantor Regional BKN bagi Instansi Daerah,” bunyi surat itu.

Adapun sesuai Peraturan BKN 14/2018, peserta seleksi dinyatakan lulus seleksi, diangkat dan ditetapkan sebagai CPNS oleh PPK setelah mendapat persetujuan teknis dan penetapan NIP dari Kepala BKN.

Bersamaan dengan itu, MenPANRB Syafruddin mengatakan, rekrutmen tenaga honorer eks K-II melalui skema pengangkatan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) akan dimulai. Menurutnya, proses tersebut sudah siap dilaksanakan.

“(Setelah CPNS selesai) PPPK akan mulai. Iya PPPK sudah mulai bulan ini,” kata mantan Wakapolri itu saat ditemui di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (17/1).

Editor           : Imam Solehudin
Reporter      : Yesika Dinta