BMKG Beberkan 3 Gempa Paling Merusak Selama Februari 2019

JawaPos.com – Indonesia beberapa kali diguncang gempa selama Februari 2019. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, setidaknya ada tiga gempa yang memakan korban baik jiwa maupun luka-luka, hingga kerusakan bangunan.

“Februari ini sudah tiga gempa yang merusak yaitu (di) Morotai, Solok, Mentawai,” ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono di kantor BNPB, Jakarta Timur, Kamis (28/2).

Rinciannya, di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, gempa terjadi dengan kekuatan 6 SR pada 2 Februari lalu. Akibatnya, satu Pukesmas di Sikakap rusak ringan, mercusuar roboh, dan sejumlah rumah rusak ringan.

Tak berselang lama, gempa bumi di Morotai, Maluku Utara terjadi dengan kekuatan 5,3 SR pada 7 Februari. Dampaknya, beberapa unit rumah di Desa Bere-Bere mengalami kerusakan.

Setelah itu, gempa bumi 5,6 SR yang baru saja terjadi di Solok Selatan, Sumatera Barat, Kamis (28/2). Gempa mengakibatkan 48 orang luka-luka dan 343 unit rumah rusak.

“(Gempa) itu ketiganya merusak, tapi (kekuatannya) tidak terlalu besar,” terang dia.

Namun demikian, berdasarkan data BMKG, total gempa yang terjadi di Indonesia selama satu bulan mencapai lebih dari 100 kali. Menurutnya, banyak gempa yang tidak menyebabkan korban jiwa dan kerusakan, bahkan tidak dirasakan.

“Banyak sekali. Lebih dari 100 (gempa). Ada yang nggak dirasakan, banyak,” tandas Daryono.

Lebih lanjut, dia mengingatkan masyarakat agar mewaspadai gempa di beberapa wilayah yang berada di zona sesar gempa, di antaranya Selat Sunda, Selatan Jawa Tengah, Selatan Jawa Timur, Selatan Bali, Laut Banda, dan Lempeng Laut Maluku.

Editor           : Imam Solehudin
Reporter      : Yesika Dinta