Cerita Kisah Hidup, Jokowi Buka Usaha Tanpa Andalkan Harta Orang Tua

JawaPos.com – Dalam pembukaan Festival Terampil 2019 yang digelar di Kota Kasablanka, Jakarta, Presiden Joko Widodo bercerita soal perjalanan hidupnya saat memulai usaha dulu. Usai bekerja di perusahaan pelat merah, Kertas Craft Aceh, ia kembali ke Solo dan membuka usaha mebel.

Jokowi yang karirnya moncer dari Walikota Solo ini mengaku tak punya agunan apalagi kekayaan yang diwarisi dari orang tuanya dalam memulai usaha saat itu. Ia mengatakan saat itu modalnya menjadi pengusaha hanyalah kepercayaan.

“Saya ceritakan di sini (dulu) saya tidak memiliki apa-apa, agunan, kekayaan, tidak memiliki orang tua yang bisa kasih bantuan modal ke saya tapi saat itu saya berani memutuskan bahwa saya harus memulai sebuah usaha,” kata Jokowi, di Kokas, Sabtu (9/2).

Ia mengatakan, yang ia pegang hanyalah kepercayaan dan kerja keras. Dia meyakini apabila orang lain bekerja dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, maka ia harus bekerja dari subuh sampai tengah malam. Cara itu ia gunakan karena ia merasa tak punya kelebihan lain. “Yang harus saya lebihkan yaitu jam kerjanya saya lebihkan,” ujarnya.

Bapak dari tiga orang anak ini mengatakan hidupnya yang tidak terlalu beruntung saat kecil justru jadi motivasi buat menjalani kehidupan ke depannya. “Pada posisi-posisi seperti itu sebuah karakter, sebuah pribadi ditempa,” tuturnya.

Ia pun memberi saran kepada para peserta supaya tidak mudah mengeluh apabila menghadapi suatu masalah. Hambatan dalam setiap kehidupan adalah hal biasa yang harus dilewati setiap harinya. Terlebih dalam menjalankan bisnis.

“Jangan sampai kita gampang mengeluh kalau kita menghadapi hambatan-hambatan, karena di situlah kita bisa belajar banyak dari sebuah masalah, kita bisa belajar banyak dari problem-problem kehidupan,” tuturnya.

Editor           : Mohamad Nur Asikin
Reporter      : Uji Sukma Medianti