Di Depan JK, Sri Mulyani Pamer Dana LPDP Capai Rp 46 Triliun

JawaPos.com – Pemerintah terus berkomitmen meningkatkan anggaran pendidikan. Salah satunya alokasi dana untuk program beasiswa. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan anggaran yang telah disalurkan untuk program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mencapai Rp 46 triliun.

“Untuk pembiayaan program beasiswa saat ini dana LPDP sudah mencapai Rp 46,117 triliun,” ujarnya dalam Sarasehan LPDP 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (15/3) malam.

Dalam acara yang dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla ini, Sri Mulyani mengatakan jika anggaran tersebut dinilai sangat besar. Namun, dia menegaskan akan terus ditingkatkan demi menciptakan anak bangsa yang berkualitas.

Di Depan JK, Sri Mulyani Pamer Dana LPDP Capai Rp 46 TriliunWakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla (DOK.JAWAPOS.COM)

“Tadi Pak Wapres kaget, duitnya banyak. Saya bilang belum, masih akan banyak lagi. Dananya dipelihara dalam bentuk investasi baik surat berharga negara, deposito, obligasi,” lanjutnya.

Dia menyebut, saat ini telah diseleksi sebanyak 20.255 penerima beasiswa LPDP (awardee), di mana 9.881 adalah yang sedang belajar, dan 7.108 sudah selesai atau menjadi alumni.

“Masih ada 3.266 adalah dalam proses menunggu keberangkatan,” sebutnya.

Adapun dari total penerima beasiswa LPDP, sebanyak 7.137 mahasiswa atau 35,3 persen merupakan peserta beasiswa afirmasi. Yakni beasiswa dimana di dalamnya termasuk bidik misi, beasiswa santri, beasiswa daerah tertinggal dan terluar, hingga beasiswa afirmasi di Indonesia bagian Timur.

Editor           : Mohamad Nur Asikin
Reporter      : Hana Adi