Gelorakan Reformasi Birokrasi, Syafruddin Undang Dunia Internasional

JawaPos.com – Indonesia dinilai telah berhasil menjalankan reformasi birokrasi. Reformasi birokrasi Indonesia yang sudah berjalan lebih dari dua dasawarsa ini, telah mencapai banyak kemajuan dan perubahan yang semakin nyata.

Berangkat dari hal itu, Kementerian PANRB mengadakan Internasional Reform Policy Symposium and Regional Workshop. Kegiatan ini rencananya akan berlangsung di Nusa Dua, Bali pada tanggal 14-15 Maret 2019.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin, lewat simposium itu, pihaknya ingin menyampaikan kepada publik internasional dan masyarakat, bahwa Indonesia telah banyak kemajuan hasil dari reformasi birokrasi yang sedang berjalan saat ini.

“Dunia harus tahu bahwa Indonesia telah berubah dan berhasil menjalankan reformasi birokrasi dengan baik,” kata Menteri PANRB Syafruddin di kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Selasa (12/3).

Syafruddin menjelaskan, bukti keberhasilan reformasi birokrasi di Indonesia terlihat dari semakin meningkatnya hasil survei persepsi masyarakat, terhadap kualitas pelayanan dan integritas birokrasi. Masyarakat mulai merasakan jika birokrasi makin efisien, efektif, profesional dan makin cepat melayani.

“Keberhasilan sebuah negara dalam reformasi tata kelola pemerintahannya dengan melibatkan masyarakat secara aktif dalam pemerintahan. Ini yang biasa kita sebut dengan open goverment,” ucap Syafruddin.

Simposium yang rencananya dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla ini akan dihadiri sekitar 2000 peserta dari negara ASEAN. Serta beberapa negara lainnya seperti Korea Selatan, Australia dan Selandia Baru.

“Ada juga sejumlah menteri, gubernur dan beberapa ahli dari berbagai bidang terutama pemerintahan dipastikan akan menjadi pembicara,” tambah Syafruddin.

Simposium ini akan fokus mengupas 5 tema yang menjadi kunci keberhasilan reformasi birokrasi yaitu penganggaran berbasis kinerja, transparansi dan akuntabilitas, e-Goverment, integritas ASN dan reformasi birokrasi pemerintahan daerah. Kelima tema tersebut merupakan isu yang sangat krusial dalam membangun reformasi birokrasi dan akan menjadi pembahasan utama imposium kali ini.

Editor           : Imam Solehudin
Reporter      : Yesika Dinta