Hindari Bencana, Simak Ajakan Menteri Basuki ke Masyarakat Soal Air

JawaPos.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hari ini memperingati hari air sedunia 2019. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, pemeliharaan dan pengembangan Sumber Daya Air (SDA) di Indonesia harus ditingkatkan. Pasalnya, air merupakan sumber penting dalam kehidupan.

Dalam sambutannya, Basuki menyampaikan doa kepada korban banjir di Sentani Papua. Menurutnya, pada dasarnya air membawa berkah bagi kehidupan. Terjadinya bencana merupakan ulah manusia yang tidak dapat memanfaatkan air sebaik mungkin.

“Dia (air) akan jadi sahabat kita kalau kita bersahabat dan dia akan memusuhi kita kalau tidak bersahabat dengan dia,” ujarnya di gedung Kementerian PUPR Jakarta, Jumat (22/3).

Hindari Bencana, Simak Ajakan Menteri Basuki ke Masyarakat Soal AirIlustrasi Bendungan Rajui, di Aceh (Istimewa)

Basuki memaparkan, air memberikan sumber kehidupan bagi manusia mulai dari air minum, irigasi hingga rekreasi. Harapannya tahun ini sumber daya air dapat memberikan lebih banyak berkah dibandingkan musibah.

“Ketika kita memusuhi air pasti akan ada banjir ada kekeringan jadi tergantung pada manusianya. Harapannya, semoga 2019 sumber daya air memberikan berkah yang lebih pada kita dibandingkan musibah,” tuturnya.

Seperti diketahui, dalam program Pemerintah, Basuki mengaku berupaya memberikan akses air bersih dan sehat kepada seluruh warga Indonesia. Hal itu tertuang dalam program 100-0-100 dan sesuai dengan tema hari air dunia kali ini, no one behind.

“Tapi, kalau RPJMN kita mungkin salah satu program yang belum bisa tercapai 2019 ini, kita baru punya 72 persen (akses air bersih). Masih kurang. Makanya, hari air dunia ini tujuannya untuk menggerakkan kepedulian, masyarakat terhadap sumber daya air,” tandasnya.

Editor           : Mohamad Nur Asikin
Reporter      : Romys Binekasri