Ibu Ani Jalani Transplantasi Sumsum Tulang Belakang

JawaPos.com – Kristiani Herawati alias Ani Yudhoyono akan menjalani transplantasi sumsum tulang belakang untuk pengobatan kanker darah yang diderita. Dia telah mendapatkan pendonor yang cocok. Yakni, Pramono Edhie Wibowo, adik kandungnya.

Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon mengungkapkan, kondisi istri Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono yang dirawat di National University Hospital, Singapura, itu semakin baik. Meski demikian, berbagai penanganan medis masih dilakukan.

Pendonor sumsum tulang belakang, kata dia, berasal dari keluarga Ani sendiri. Yakni, Jenderal (pur) TNI Pramono Edhie Wibowo, mantan kepala staf TNI Angkatan Darat (KSAD). “Ternyata sangat cocok dan memenuhi syarat untuk jadi donor Ibu Ani,” kata dia kepada Jawa Pos kemarin (6/3).

Jansen tidak tahu kapan tindakan medis transplantasi dilakukan. Menurut dia, waktunya belum ditetapkan. “Belum dalam waktu dekat ini,” ucapnya. Saat ini yang dilakukan adalah tahap persiapan untuk proses tersebut.

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair) itu menyatakan tidak bisa menjelaskan secara detail. Tindakan medis tersebut merupakan ranah tim dokter. Dia mengajak untuk menunggu perkembangan penanganan dokter sembari mendoakan kesembuhan Ani.

“Segala proses pengobatan di Singapura semoga dilancarkan,” papar calon anggota legislatif (caleg) dari daerah pemilihan Sumatera Utara itu.

Dia menambahkan, selama ini pengurus Partai Demokrat bergantian menjenguk ke Singapura. Semakin hari, kesehatan Ani terus membaik. Empat hari lalu ibunda Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono itu sempat mengunggah foto di akun Instagram-nya. Ada sepuluh foto yang diunggah. Mulai foto saling merangkul bersama SBY, sedang berjalan, hingga berpegangan tangan. Di foto yang lain, Ani terlihat menyapa cucunya lewat kaca pintu.

Sementara itu, Pramono Edhie Wibowo belum bisa dihubungi terkait kesediaan mendonorkan sumsum tulang belakang kepada sang kakak. Sambungan telepon dari Jawa Pos tidak direspons.

Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat Imelda Sari mengatakan, pengurus partai masih terus menunggu perkembangan kesehatan Ani. Doa tidak henti-henti dipanjatkan agar istri ketua umum Partai Demokrat itu segera diberi kesembuhan. Para kader bergantian menggelar doa bersama. “Nanti kami kabari perkembangan kesehatan Bu Ani,” tutur dia. 

Editor           : Ilham Safutra
Reporter      : (lum/c10/fal)