Ingin Anaknya Bermanfaat, Diberi Nama Gopay Allfarian Cash Back

JawaPos.com – Nama adalah doa yang diselipkan oleh orang tua. Sama dengan Medi Anton Wibowo saat anak keduanya lahir 18 Februari lalu. Dia ingin kehadiran anaknya bisa memberi manfaat untuk sekitar. Doa itu diwujudkan dalam nama Gopay Allfarian Cash Back.

Meski terkesan menggelitik, Anton nyatanya tak main-main dalam memberi nama bagi bayinya itu. Saat dihubungi Jawa Pos, Anton mengaku punya beberapa alasan kenapa anaknya diberi nama nyentrik. Yang utama, karena dia kagum dengan Gojek karena dianggap banyak membantu orang.

Dia ingin Gopay nanti bisa seperti Gojek yang bisa membantu banyak orang. Meski, di tempatnya sendiri yakni Desa Karya Mukti, Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur itu terbilang berada di pelosok sehingga tidak dijangkau Gojek, pengalamannya menggunakan aplikasi besutan Nadiem Makarim itu sangat membekas.

“Kalau mau pakai aplikasi Gojek, harus ke kota dulu. Gojek itu membantu orang banyak,” ujarnya kepada Jawa Pos, Jumat (22/3).

Lantas, kenapa anaknya diberi nama Gopay bukan Go Food, Go Send, atau layanan Gojek lainnya? Anton menyebut karena Go Pay sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari Gojek. Dia juga menegaskan bahwa nama itu diberikan bukan karena menjadi driver ojek online.

’’Gopay itu kan menu pembayaran di aplikasi Gojek yang sangat bermanfaat bagi orang banyak. Harapan saya, kelak ketika anak saya ini sudah dewasa, dia juga bisa bermanfaat bagi orang banyak,” tutur pria 30 tahun itu.

Belum cukup di situ, nama Allfarian Cash Back juga memiliki arti tersendiri. Anton menjelaskan, Allfarian berasal dari kata All Varian. Baginya, paduan kata itu dianggap memiliki makna manfaat bagi si buah hati yang bisa menyentuh ke segala penjuru.

“Mudah-mudahan anak saya kelak memiliki rejeki dari segala penjuru,” imbuhnya.

Untuk penulisan Allfarian dengan huruf ‘F’ bukan ‘V’ juga disengaja. Katanya, untuk memudahkan penulisan dan cara baca. Dia juga menambahkan kata Cash Back untuk pelengkap nama Gopay.

Menurut Anton, itu karena putranya adalah cash back dari Tuhan secara riil dan nyata dalam kehidupannya. Meski nama anaknya punya makna tersendiri bagi Anton, beberapa orang berpandangan bahwa nama itu tak cocok.

Di akun instagram Anton yakni @anton_qdoelx, banyak yang mencibir. Tap, suami dari Bunga Aryanti itu tak ambil pusing. Baginya, tiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda dalam memaknai sesuatu.

“Angka 6 saja kalau misal digeletakin bisa dibilang 9 dari sisi berbeda. Prinsip saya, rambut manusia boleh sama hitam tapi pikiran tidak sama. Saya punya pandangan lain tentang Gopay,” tuturnya.

Sejauh ini, keluarga besar menyambut baik pemberian nama itu. Bahkan, karena dirasa unik, warga sekitar di kawasan tempat tinggalnya ikut memberikan bantuan dana serta sound system untuk tasyakuran Gopay.

“Ini kan era digital, kita harus mengikuti perkembangan jaman,” katanya.

Lantaran memberi nama anaknya dengan Gopay, pihak Gojek Indonesia memberikan apresiasi. Gojek memberikan saldo Go Pay senilai Rp 500 ribu per bulannya selama satu tahun kepada Anton.

Editor           : Dhimas Ginanjar
Reporter      : Dinda Juwita