Ini Alasan Jokowi Pilih Jenderal Aktif Jadi Kepala BNPB

JawaPos.com – Letjen TNI Doni Monardo resmi menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Rabu (9/1) di Istana Negara, Jakarta. Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasan mengapa ia memilih Jenderal bintang dua tersebut. 

Jokowi mengatakan berada di negara yang dikelilingi cincin api seperti Indonesia, mengharuskan pemerintah untuk selalu waspada dan cepat tanggap dalam menghadapi bencana. Untuk itu, diperlukan sosok pemimpin yang bisa mengkonsolidasi, serta mampu melakukan koordinasi baik kepada pemerintah daerah, pemerintah pusat, TNI, Pangdam, Kodam, Korem serta Kepolisian secara cepat dan responsif.

“(Berada di negara yang dikelilingi oleh cincin api) memerlukan leadership sebuah kepemimpinan yang kuat dan saya melihat pak Letnan Jenderal Doni orangnya,” kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/1).

Adapun, terkait status Doni yang masih aktif sebagai anggota TNI Angkatan Darat (AD), Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengaku tak mempermasalahkan. Yang terpenting, kata Jokowi, adalah manajemen yang kuat dan tindakan yang cepat di lapangan.

“Saya tidak melihat aktif atau tidak aktif tetapi yang ingin saya melihat adalah manejemen yang kuat, tindakan yang cepat di lapangan,” jelas Jokowi.

Secara teknis, ia pun menyerahkan soal status jabatan jenderal aktif Doni Monardo kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno. “Nanti untuk teknis seperti itu tanyakan ke Mensesneg,” ujarnya.

Doni Monardo adalah seorang perwira tinggi TNI-AD. Ia merupakan lulusan Akademi Militer 1985 yang berpengalaman dalam bidang infanteri. Jabatan terakhir Doni di TNI adalah Sesjen Wantannas.

Sebuah lembaga yang mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan pembinaan ketahanan nasional guna menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional Indonesia.

Dengan diangkatnya Doni sebagai Kepala BNPB maka ia berhak mendapatkan hak administrasi dan keuangan setingkat menteri terhitung sejak saat dilantik.

Editor      : Saugi Riyandi
Reporter : Uji Sukma Medianti