Jokowi Minta Muslimat NU Saling Menghormati dalam Perbedaan

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak muslimat Nahdlatul Ulama (NU) untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Jokowi juga mengajak mereka mengamalkan Islam yang moderat.

Demikian Jokowi sampaikan kepada puluhan ribu jamaah Hari Lahir Muslimat NU ke-73 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (27/1).

“Marilah kita menjaga nilai-nilai aswaja, nilai toleransi, saling menghargai, saling menghormati, perbedaan yang kita miliki,” ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menuturkan, Indonesia memiliki 714 suku dan ribuan bahasa. Menurutnya, perbedaan tersebut harus disyukuri.

Bahkan, muslimat NU diimbau tidak terjebak dalam paham radikalisme. Mereka juga diminta menangkal ekstremisme di Tanah Air. Namun harus menggunakan cara yang baik.

“Untuk bisa menghormati sahabat kita yang lain,” jelasnya.

Jokowi datang sekitar pukul 07.00 WIB dan disambut dengan lantunan salawat, ‘Thola’al Badru Alaina’ yang dibawakan oleh penyanyi Tompi dan Hadad Alwi.

Dalam penyambutannya, 999 penari sufi dari Pondok Pesantren Sabilil Muttaqin, Takeran, Magetan, Jawa Timur berputar menyambut kehadiran Jokowi. Kemudian berkolaborasi bersama Habib Anis Syahab dengan lagu Deen Assalam dan Assalaamualaik.

Editor           : Estu Suryowati
Reporter      : Muhammad Ridwan