Jokowi: Saya dan Pak Anies Tiap Hari Ketemu Guyonan Bareng

JawaPos.com – Di tengah isu kerenggangan hubungan antara Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di sosial media, keduanya tampil bersama di hadapan publik. Gubernur Anies menemani rangkaian kegiatan Presiden di Jakarta Barat sepanjang Rabu (9/1) siang ini.

Jokowi dan Anies terlihat kompak saat melayani keluh kesah warga mulai dari pedagang nasi uduk hingga penjual gorengan saat meninjau Program Binaan milik PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (PNM) di kawasan Tambora, Jakarta Barat

Dalam kesempatan itu, keduanya berjalan kaki menyusuri gang sempit juga lapangan bola yang tanahnya masih basah setelah diguyur hujan. Disela-sela dialog dengan warga, ada ibu-ibu binaan PNM yang meminta supaya modal bisnisnya ditambah. Jokowi lalu berkelakar dan mengatakan akan menambah modal tetapi melalui Gubernur Anies.

Jokowi: Saya dan Pak Anies Tiap Hari Ketemu Guyonan BarengGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Dok. JawaPos.com)

“Kalau kurang modalnya ditambah. Tapi yang nambah Pak Gubernur ya,” kata Jokowi seraya melihat ke arah Anies.

Anies pun mengamini permintaan Jokowi sambil tertawa. Kebersamaan antara Anies dan Jokowi tak berhenti sampai disitu. Setelah selesai meninjau Program Binaan PNM, ia langsung menuju Cengkareng untuk membagikan sertifikat kepada warga Jakarta Barat.

Kali ini, giliran Anies yang menyampaikan dukungan kepada Mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Ia mengatakan Pemprov DKI mendukung penuh program sertifikasi tanah yang sudah berlangsung di seluruh wilayah Indonesia.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini bahwa kami Pemprov DKI Jakarta mendukung sepenuhnya program sertifikasi tanah yang sudah berlangsung di seluruh wilayah di DKI Jakarta,” kata Anies.

Khususnya di Jakarta Barat, terdapat 370.197 bidang tanah yang didaftar. Dari jumlah tersebut, 92 persen itu yang sudah bersertifikat. Sementara sisanya masih ada 8 persen bidang tanah yang belum tersertifikasi.

“Insya Allah kita akan dukung terus ini bukan hanya kemarin tapi kedepan, kita juga ingin memastikan bahwa 100 persen penduduk di wilayah Jakbar bersertifikat,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama itu pula, Presiden Jokowi menegaskan hubungan dengan mantan anak buahnya itu baik-baik saja. “Orang banyak berpikir saya sama Pak Anies banyak masalah. Padahal tiap hari ketemu guyonan bareng-bareng,” ungkapnya.

Selain memastikan bahwa hubungannya dengan Gubernur Anies baik-baik saja, ia juga menyampaikan jangan sampai panasnya suhu politik jelang pemilihan umum memecah persatuan bangsa.

“Jangan sampai karena urusan politik pemilihan bupati, walikota, pemilihan gubernur, pemilihan presiden juga. Kita menjadi kayak terpisah-pisah. Kita saudara setanah air. Kita saudara semuanya,” kata Jokowi.

Editor      : Saugi Riyandi
Reporter : Uji Sukma Medianti