Jokowi Targetkan 3.000 Balai Latihan Kerja di Pondok Pesantren

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo menargetkan 3.000 Balai Latihan Kerja (BLK) di lingkungan pondok pesantren. Jokowi optimis targer tersebut bisa tercapai pada 2020.

Jokowi menyampaikan hal tersebut saat menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Kementerian Ketenagakerjaan dengan pondok pesantren penerima BLK di Jakarta, Rabu (20/2).

Saat ini pemerintah telah membuka sekitar seribu BLK di lingkungan pesantren. Jokowi mengatakan, jumlah itu masih kurang mengingat jumlah pesantren di seluruh Indonesia mencapai 29 ribu.

“Kalau cuma seribu, masih sangat kurang. Tahun depan minimal 3.000 karena jumlah pesantren di Indonesia mencapai 29 ribu,” katanya dilansir JPNN (JawaPos Grup), Kamis (21/2).

Jokowi juga menyebut ancaman bonus demografi yang dihadapi Indonesia. Oleh karena itu, anak-anak yang menyongsong usia kerja harus diberi bakal keterampilan, salah satunya melalui BLK di pesantren.

“Saya akan melihat langsung ke lapangan guna memastikan BLK di pesantren berjalan baik,” tandasnya.

Menurut data Kementerian Ketenagakerjaan, pembangunan BLK di lingkungan pesantren dimulai pada tahun 2017 dengan membentuk 50 BLK.

Tahun 2018 jumlahnya naik menjadi 75, dan tahun 2019 terjadi kenaikan drastis yaitu menjadi 1.000 BLK. 

Editor           : Imam Solehudin