Kementan Distribusi Alsintan Modern, Jaga Regenerasi Petani

JawaPos.com  – Kementerian Pertanian (Kementan) gencar memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) modern. Bantuan tersebut sebagai wujud perhatian uuntuk menjaga keberlanjutan sektor agraris.

Anggota Komisi IV DPR Cucun Ahmad Syamsulrijal mengapresiasi langkah Kementan. distribusi alsintan secara gratis adalah bagian dari strategi Kementan untuk membangun inovasi pertanian.

“Kementan ingin terus memodernisasi pertanian kita. Ini langkah dalam pertanian yang berkelanjutan,” ujar dia, Senin (11/3).

Cucun mengatakan, era Joko Widodo saat ini, tampak keseriusan menjadikan Indonesia lumbung pangan, bukan hanya Asia, tapi dunia pada 2045. Upaya itu terlihat melalui modernisasi sistem pertanian, seperti pemenuhan kelengkapan alsintan.

“Dengan adanya sistem pertanian modern, diharapkan dapat menarik minat generasi milienial ke sini (pertanian). Ada regenerasi,” ujarnya.

Dia menuturkan, keberlanjutan masa depan pertanian tentu saja berada di tangan generasi milenial saat ini. Oleh sebab itu, distribusi alsintan diharapkan dapat menjadi motor penarik minat generasi milenial ke pertanian yang dilaksanakan secara modern.

Sebagai informasi, Kementan terus mendistribusikan alsintan secara gratis kepada para petani di daerah. Kementan menyebutkan, mekanisme distribusi alsintan telah diatur dalam buku Pedoman Umum Bantuan Alsintan tahun 2015.

Kementan ingin dengan distribusi alsintan yang gencar dapat mengubah identitas pertanian Indonesia semakin maju dan modern.

Penggunaan alsintan juga dinilai akan mampu mengurangi biaya operasional pengelolaan pertanian antara 35 persen sampai 45 persen. Kalangan petani di beberapa daerah juga mengaku merasa terbantu dengan distribusi alsintan.

Editor           : Yusuf Asyari