Klarifikasi Kepala LIPI soal Kabar Pembubaran UPT

JawaPos.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) diterpa ketegangan internal. Sejumlah pegawai mempertanyakan kebijakan reorganisasi yang sedang dijalankan Kepala LIPI Laksana Tri Handoko.

Dalam penjelasan yang disebar oleh Handoko, ada beberapa isu strategis. Di antaranya adalah rencana pembubaran unit pelayanan teknis
(UPT) LIPI di sejumlah daerah. Seperti UPT LIPI di Biak, Tual, Jampang, Pulau Pari, Liwa, Maninjau, dan PAMBIO di Bandung.

Ketika dikonfirmasi, Handoko membantah adanya kabar tersebut. Dia menuturkan telah terjadi misinformasi. “Lha itu (pembubaran sejumlah UPT, Red) diusulkan saja belum kok,” katanya saat dihubungi, Selasa (19/2) .

Handoko menegaskan kajian soal pembubaran sejumlah UPT itu masih dalam pembahasan di internal kedeputian. Bahkan hasilnya belum dilaporkan kepada dirinya.

Handoko menjelaskan sudah bertemu dengan Menteri PAN-RB Syafruddin terkait program reorganisasi. Pertemuan itu digelar di Jakarta
Senin (18/2) lalu.

Saat pertemuan itu, LIPI diminta untuk berkoordinasi dengan sejumlah kementerian terkait dalam tim penyelarasan.
Diantaranya yang terlibat adalah Kemenristekdikti.

“Dalam program reorganisasi yang bergulir di LIPI, memang ada pejabat struktural yang berkurang. Sebab mereka
didorong untuk alih fungsikan ke jabatan fungsional. Diantaranya jabatan fungsional perencanaan dan pranata Humas,” pungkasnya.

Editor           : Imam Solehudin
Reporter      : Hilmi Setiawan