Konglomerat Terkaya Nomor 2 Indonesia Meninggal Dunia di Usia 98

JawaPos.com – Pendiri Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja dikabarkan meninggal dunia, Sabtu (26/1) pukul 19.43 di Jakarta. Ia meninggal di usia 98 tahun. Namun, belum diketahui pasti penyebab kematian orang terkaya kedua di Indonesia ini.

“Telah meninggal dunia Eka Tjipta Widjaja Sinarmas. Akan disemayamkan di rumah dika Gatot Subroto, Jakarta,” kata Managing Director President Office Sinarmas G. Sulistiyanto melalui pesan singkat, Sabtu (26/1).

Dilansir dari Globe Asia, Eka Tjipta tercatat memiliki aset senilai USD 13,9 miliar (Rp 201,5 triliun) di 2018 dan berada di peringkat kedua orang terkaya di Indonesia. Nilai kekayaannya itu naik dari USD 10,8 miliar yang ia catatkan 2017 lalu.

Sebagai salah satu raja kelapa sawit dan kertas, Eka Tjipta menikmati kuatnya permintaan global. Di bisnis pulp and paper, berbagai perusahaan Sinar Mas di Tiongkok dan Indonesia yang tergabung dalam lini bisnis Asia Pulp and Paper melaporkan kinerja yang positif sehingga mendorong kenaikan harga saham perusahaan, seperti PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM).

Kekayaan Eka Tjipta terus mengalami pertumbuhan terbesar selama setahun terakhir. Dalam statistik yang dikumpulkan oleh ABC masuk dalam 20 besar mereka yang mengalami pertumbuhan kekayaan terbesar selama setahun terakhir.

Mendiang Eka Tjipta yang berada di posisi 15 orang terkaya di dunia, dimana kekayaannya meningkat 41,8 persen menjadi USD 11,4 miliar dolar versi ABC Australia.

Editor           : Mohamad Nur Asikin
Reporter      : Uji Sukma Medianti