Lion Air Bantah Kabar Wings Air Rute Sangihe-Manado Hilang Kontak

JawaPos.com – Lion Air Group membantah anak usahanya, Wings Air, mengalami hilang kontak. Pihak maskapai pun memastikan kejadian yang telah viral di media sosial ini tidak terjadi.

“Sehubungan dengan penerbangan nomor IW-1161 yang melayani rute dari Bandar Udara Naha di Tahuna, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (NAH) menuju Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara (MDC), bahwa telah dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP),” kata Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya, Sabtu (2/2).

“Wings Air menyatakan bahwa operasional penerbangan IW-1161 tidak sempat mengalami hilang kontak seperti yang disampaikan (unggah) dalam sosial media,” tambahnya.

Lion Air Bantah Kabar Wings Air Rute Sangihe-Manado Hilang KontakHujan yang cukup deras menimbulkan genangan di sejumlah titik di Bandara Samratulangi Manado, Jumat (1/2) (DOK. MANADO POST/JPG)

Pesawat Wings Air itu diketahui mengoperasikan ATR 72-500 registrasi pesawat PK-WHK yang membawa empat kru serta 67 penumpang.

Danang menjelaskan, pada saat itu pilot Wings Air memutuskan untuk melakukan pengalihan pendaratan (divert) IW-1161 pukul 12.31 WITA ke Bandar Udara Djalaludin di Gorontalo (GTO). Hal tersebut dikarenakan Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi terjadi cuaca buruk yang menyebabkan jarak pandang pendek (below visibility) sekitar pukul 09.00 – 13.30 WITA, sehingga tidak memenuhi kualifikasi keselamatan penerbangan.

Pesawat mendarat dengan selamat di Gorontalo pukul 13.50 WITA. Setelah Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi dinyatakan aman untuk penerbangan (safe to flight), pada kemudian lepas landas dari Gorontalo pukul 14.40 WITA dan sudah tiba di Manado pada 15.45 WITA.

“Wings Air akan meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional Wings Air lainnya tidak terganggu,” tandasnya.

Editor           : Mohamad Nur Asikin
Reporter      : Hana Adi