Menag Lukman Hakim Ingatkan Pentingnya Pengamalan Pengetahuan

JawaPos.com – Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Halaqah Pengembangan Pendidikan Islam 2019 di Jakarta (11/3). Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan pengarahan langsung pada kegiatan bertema Moderasi Beragama untuk Pendidikan Islam yang Maju dan Berbudaya.

“Pendidikan tidak semata transfer pengetahuan,” kata politisi PPP itu. Menurutnya yang jauh lebih penting adalah bagaimana pengetahuan yang disampaikan itu mewujud dalam praktik atau amalan sehari-hari. Jadi dia menegaskan pengamalan pengetahuan itu sangat penting.

Tidak hanya pada urusan pengetahuan saja. Lukman mengatakan agama itu esensinya adalah perilaku dan akhlak. “Agama itu bukan pengetahuan saja. Tetapi juga amalan,” tutur dia.

Menurutnya tantangan dalam pendidikan maupun kehidupan beragama saat ini adalah urusan pengamalannya. Selain itu Lukman juga menyampaikan pendidikan Islam juga perlu menjalankan moderasi dalam beragama. Sehingga membuat peserta didik diajarkan untuk berada di tengah-tengah. Tidak ekstrem kanan maupun ekstrem kiri.

Lukman juga menjelaskan bahwa isu moderasi bukan hanya untuk kepentingan Indonesia saja. “Moderasi bukan hanya maunya Menteri Agama,” tuturnya. Tetapi juga sudah jadi isu dunia. Untuk itu dia menitipkan pesan untuk menjaga kerukunan dan kebersamaan umat. 

Editor           : Kuswandi
Reporter      : Intan Piliang