Mudik Gratis Bisa Daftar Online Mulai Besok, Begini Caranya

JawaPos.com – Kementerian Perhubungan bakal kembali menyelenggarakan mudik gratis 2019 pada lebaran mendatang. Pendaftaran bisa dilakukan melalui dua cara, yakni online dan konvensional.

Direktur Angkutan Jalan dan Multimoda Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Ahmad Yani mengatakan untuk pendaftaran online bisa dilakukan mulai besok (20/3). Untuk pendaftaran secara konvensional pada April mendatang.

“Kalau online bisa daftar besok. Pendafatan bisa melalui mudikgratis.dephub.go.id. Sedangkan untuk manual awal April 2019,” ujarnya dalam konferensi pers di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (19/3).

Lebih lanjut Yani mengatakan, pendaftaran secara manual bisa dilakukan di kantor Kementerian Perhubungan serta Dinas Perhubungan yang ada di daerah. Pihaknya berencana memperluas cara pendaftaran manual melalui toko ritel Alfamart.

“Saya juga rencana mau MoU dengan Alfamart supaya bisa daftar (mudik gratis),” ungkapnya.

Untuk persyaratannya, dibutuhkan foto copy KTP atau Kartu Keluarga (KK) jika membawa keluarga. Untuk hal ini, Kemenhub membatasi keluarga dengan dua anak. Selain itu, pemudik juga wajib memiliki motor dan menyerahkan foto copy STNK.

“Jadi satu keluarga itu hanya bisa untuk satu STNK,” tuturnya.

Sekedar informasi, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 34 miliar untuk pelaksanaan mudik gratis 2019. Angka itu naik dibanding tahun sebelumnya yang sebesar Rp 27 miliar.

Selain angkutan yang naik, kuota untuk mudik gratis juga melejit. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, peningkatan itu meliputi kenaikan dari kuota bis mudik gratis yang pada tahun ini sebesar 1.200 atau naik dari tahun sebelumnya sebesar 1073 bis.

Editor           : Mohamad Nur Asikin
Reporter      : Hana Adi