Pesan JK ke Alumni LPDP: Jangan Berharap Kerja di Pemerintahan

JawaPos.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengimbau kepada alumni penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk tidak berharap kerja di pemerintahan. Menurutnya, banyak sektor pekerjaan yang jauh lebih membutuhkan tenaga mereka.

“Kita butuh apa? kita butuh kemampuan di segmala bidang. Anda jangan terlalu berharap pulang ke Indonesia kerja di pemerintahan,” ujarnya dalam acara Sarasehan LPDP 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (15/3) malam.

JK mengungkapkan, setidaknya ada sekitar 5 persen lulusan LPDP yang dipekerjakan di pemerintah. Alasannya, pemerintah saat ini tidak membutuhkan banyak tenaga kerja.

“Yang paling penting pertama di pikiran anda jangan harap banyak pada bekerja di pemerintahan dulu. Mungkin diterima di bawah 5 persen, tapi berpikir bagaimana bisa mempekerjakan orang, lebih produktif,” ungkapnya.

“Maka yang paling terbuka adalah kewirausahaan atau profesionalisme. Itu yang jadi bagian kebutuhan bangsa ini sekarang dan ke depan,” tambah dia.

Ke depannya, pemerintah berharap lulusan LPDP dapat menciptakan pekerjaan yang memberikan banyak peluang bagi tenaga kerja baru.

“Itu tentu alasan kenapa anda diberikan kesempatan oleh negara untuk mendapatkan pendidikan yang baik di dalam dan luar negeri dengan biaya negara agar sumbangan SDM lebih baik,” pungkasnya.

Editor           : Mohamad Nur Asikin
Reporter      : Hana Adi