Sampai Kampung Halaman, Siti Aisyah Pingsan

JawaPos.com – Warga memberikan sambutan luar biasa untuk kedatangan Siti Aisyah. Saat mobil yang ditumpangi TKI yang sempat didakwa membunuh Kim Jong-nam itu sampai di kampung halamannya di Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, ratusan warga berkerumun ingin melihatnya.

Sempat terjadi dorong-mendorong antara warga yang menyambut dan wartawan yang meliput kedatangan Aisyah. Begitu turun dari mobil, TKI di Malaysia yang sempat didakwa telah membunuh Kim Jong-nam, kakak tiri Pemimpin Korut Kim Jong-un, pada 13 Februari 2017 tersebut langsung dibawa ke dalam rumah oleh kerabatnya yang juga mantan Kepala Desa Sindangsari Indra Muta’i.

Setelah ditunggu sekitar 30 menit, Indra membuka pintu dan berbicara kepada wartawan. Dia mengungkapkan, Aisyah tidak bisa ditemui lantaran kondisi kesehatannya kurang baik.

Sampai Kampung Halaman, Siti Aisyah PingsanSiti Aisyah, WNI yang dituduh terlibat dalam pembunuhan Kim Jong-nam di Kuala Lumpur, Malaysia, bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (12/3). (RAKA DENNY/JAWAPOS)

Dia menyatakan, sejak datang dari Jakarta, kondisi Aisyah sudah lemas. Hingga tiba di kampung halamannya pun, Aisyah belum sehat. ”Tadi pingsan. Jadi, untuk beberapa waktu ini, kalau ada pertanyaan untuk Aisyah, mohon ditunda dulu,” ujar Indra.

Di lokasi yang sama, Kapolres Serang Kota AKBP Firman Afandi menegaskan, pihaknya akan mengamankan sekitar rumah Aisyah sampai beberapa hari mendatang. Pihaknya ingin memastikan kondisi Aisyah baik-baik saja.

Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyampaikan kebahagiaannya atas pembebasan Aisyah. Menurut dia, kebebasan Aisyah merupakan kebahagiaan seluruh warga Serang. ”Sejak awal, saya juga yakin pemerintah pusat tidak tinggal diam memperjuangkan kebebasan Aisyah. Alhamdulillah, doa kita semua dikabulkan. Aisyah kini bebas dan bisa berkumpul dengan keluarganya,” kata Tatu.

Sebelum kembali ke Serang, Siti Aisyah ditemani orang tuanya, Asria Nur Hasan dan Benah, bertemu dengan Presiden Joko Widodo di istana kepresidenan, Jakarta. Mereka tiba di istana pukul 13.00.

Dalam pertemuan itu, Jokowi didampingi Menlu Retno Marsudi dan Menkum HAM Yasonna Laoly. Pertemuan berlangsung tertutup. Tidak lama, hanya delapan menit.

Aisyah hanya berkata singkat setelah bertemu dengan Jokowi. “Senang, ngucapin terima kasih,” katanya sembari berjalan menuju pintu gerbang istana. Begitu pula halnya saat ditanya mengenai rencana setelah kembali ke daerah asalnya. “Belum tahu.” 

Editor           : Ilham Safutra
Reporter      : (jek/han/wan/c5/c19/git/fal)