Soal Prostitusi Online, KPAI Minta Para Selebriti jadi Teladan Baik

JawaPos.com – Maraknya kasus prostitusi online yang menjerat para artis membuat Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) angkat bicara. Kasus tersebut sejauh ini baru menyeret artis usia dewasa. Namun jika tak dituntaskan oleh kepolisian, maka bisa saja modus serupa ikut menyeret korban usia anak.

Ketua KPAI Susanto mengatakan, meski berdasarkan hasil pendalaman polisi orang yang diduga terlibat dikategorikan usia dewasa, namun jika kasus ini tak segera diungkap, tidak menutup kemungkinan usia anak juga menjadi korban. Maka pihaknya mendesak kepolisian untuk mengungkap hingga tuntas.

“Maka, kami mengapresiasi atas gerak cepat Polda Jatim dalam pengungkapan kasus prostitusi online. Sebab usia anak juga rentan,” kata Susanto kepada JawaPos.com, Sabtu (12/1).

Susanto berharap kasus ini terus dikembangkan secara maksimal agar proses hukum yang sedang berjalan bisa memiliki efek cegah. Sehingga kerentanan terhadap korban-korban baru dengan kasus yang sama tidak terjadi lagi.

Susanto juga meminta kepada para selebriti agar memberi contoh dan teladan yang baik. Sehingga bisa menebarkan perilaku dan nilai positif di masyarakat.

“Kami mengimbau kepada para artis, jadilah artis yang berkarakter baik, menebarkan pesan positif dan menjadi figur pilihan. Hindari segala bentuk perilaku yang melanggar etika dan kesusilaan apalagi melanggar hukum,” papar Susanto.

KPAI juga meminta kepada masyarakat agar stop memviralkan foto bermuatan pornografi dan foto tidak pantas ke publik. Sebab menyebarkan sesuatu bersifat asusila bisa berpotensi melanggar hukum.

Editor           : Estu Suryowati
Reporter      : Marieska Harya Virdhani