Terungkap! Ini Penyebab Utama Banyaknya Kecelakaan di Jalan Raya

JawaPos.com – Kecelakaan yang terjadi di jalan baik itu arteri maupun jalan tol disebabkan oleh banyak hal. Namun, data Kepolisian Republik Indonesia tahun 2014 mencatat faktor manusia menjadi penyebab utama kecelakaan.

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Ahmad Yani mengatakan, aspek manusia menjadi faktor utama maraknya kecelakaan di jalan.

“Sebagai gambaran, ini semua untuk kecelakaan itu manusia berkirasar 80-90 persen. Ini secara nasional,” ujarnya dalam konferensi pers di Kemenhub, Jakarta, Jumat (8/3).

Terungkap! Ini Penyebab Utama Banyaknya Kecelakaan di Jalan RayaIlustrasi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan 3 bus dan sebuah minibus (DOK.JAWAPOS.COM)

Aspek kendaraan seperti ban pecah, rem blong maupun segala bentuk permasalahan sistem kendaraan menyumbang 5-10 persen. Selanjutnya ada aspek infrastruktur dan lingkungan yang kontribusinya 10-20 persen.

“Ini sempat turun jadi 18 persen, terakhir yang saya dapat itu 17 persen seiring dengan banyaknya jalan yang diperbaiki,” tuturnya.

Lebih rinci, Yani melanjutkan bahwa aspek manusia akibat tidak tertib lalu lintas paling cukup dominan memberi kontribusi, yakni 45 persen. Selanjutnya yang kedua disebabkan oleh kelengahan pengemudi di jalan.

“Lalu ada faktor lelah 2 persen, ngantuk 2 persen kemudian tidak tertib misalnya harusnya tidak menyalib tapi dipaksakan itu 45 persen, pengaruh obat ini 0, alkohol itu 1 persen. ternyata ada yang minum saat kecelakan. melebiihi atau di bawah batas kecepatan 14 persen.
Ini semua tahun 2014,” tandasnya.

Editor           : Mohamad Nur Asikin
Reporter      : Hana Adi