Tingkatkan Netralitas ASN, KASN Gelar Kampanye Publik di Area CFD

JawaPos.com – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengadakan kampanye publik bertajuk ‘ASN Netral, Birokrasi Kuat dan Mandiri’ di area car free day (CFD), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (10/3). Kegiatan tersebut ditujukan untuk memberikan sosialisasi kepada ASN dan masyarakat terkait pentingnya menjaga netralitas.

Komisioner KASN Waluyo Martowiyoto mengatakan, ASN sebagai penggerak utama birokrasi dituntut untuk dapat bersikap netral pada pemilu. Sebab, mereka berfungsi sebagai pelaksana kebijakan pemerintah, pemegang anggaran negara atau daerah, memberikan pelayanan publik, menghindari konflik kepentingan, serta mempererat NKRI.

“Apabila ASN tidak netral dikhawatirkan akan terjadi tindakan tidak adil dalam pemberian layanan kepada masyarakat dan penyalahgunaan wewenang yang mengakibatkan adanya keberpihakan dan merugikan pihak lainnya,” ujar Waluyo saat ditemui di lokasi.

Pantauan JawaPos.com, puluhan peserta kampanye publik KASN berseragam putih dengan bertuliskan ‘ASN Netral’ mulai berjalan kaki dari Sarinah menuju Bundaran HI. Kemudian mereka kembali menuju halaman depan Sarinah dan mengajak masyarakat menandatangani spanduk besar sebagai tanda partisipasi mengawasi netralitas ASN.

Menurut Waluyo, kegiatan sosialisasi seperti itu sudah dilakukan di seluruh Indonesia. Tentunya, dengan melibatkan kementerian/lembaga lainnya, bahkan juga NGO.

“Kita membuat MoU dengan Bawaslu, KemenPANRB, seluruh Indonesia, mengajak untuk bersama-sama mengawasi ASN sendiri dengan instansi pemerintah untuk saling mengingatkan lagi. KemenPANRB pun membuat surat edaran untuk mengingatkan lagi,” tuturnya.

Dia menegaskan, upaya pencegahan pelanggaran netralitas ASN demikian akan dilakukan terus-menerus. Meski dia mengakui, belum 100 persen ASN netral.

“Mungkin belum saat ini, bisa jadi tahun depan, tahun depannya lagi. Kan ada PNS, ASN yang pensiun tahun ini. Tetapi juga ada yang masuk, ada yang belum tahu. Ini yang akan kita upayakan terus-menerus tidak pernah lelah,” tegasnya.

Editor           : Estu Suryowati
Reporter      : Yesika Dinta