Wapres JK: Thailand dan Vietnam Sekarang Mengejar Kita

JawaPos.com – Thailand dan Vietnam saat ini disebut sudah siap menyalip Indonesia dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM). Itu artinya, kedua negara tersebut juga berpotensi menjadi negara maju lebih cepat dibanding Tanah Air.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam Sarasehan LPDP 2019 di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (15/3) malam.

“Vietnam, Thailand, kita pernah lebih maju tapi sekarang (mereka) mengejar kita. Walaupun (saat ini) kita masih lebih maju, tapi dia mengejar kita,” ungkapnya.

Menurutnya, kunci dari akselerasi kedua negara tersebut terletak pada generasi mudanya. Mereka mampu mendorong generasi muda bangsanya untuk terus berkembang dalam ilmu pengetahuan.

Oleh karena itu, dirinya menegaskan jika Indonesia tidak ingin disalip oleh dua negara Asia Tenggara tersebut. Salah satu upayanya adalah dengan memberikan beasiswa LPDP kepada generasi bangsa.

Melalui program itu, JK berharap generasi muda di masa depan bisa menjadi pondasi kuat dalam membangun Indonesia menuju negara maju.

“Tanpa ketangguhan generasi muda kita bisa dikalahkan oleh mereka yang semangatnya atau SDM-nya lebih baik dari kita. Itu tentu alasan kenapa anda (penerima beasiswa LPDP) diberikan kesempatan oleh negara untuk mendapatkan pendidikan yang baik di dalam dan luar negeri dengan biaya negara agar sumbangan SDM lebih baik,” imbuhnya.

“Kita punya pendidikan tentu sudah jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Universitas dimana-mana, tapi yang kita butuh juga perbandingan pengalaman, benchmark yang baru. Masih banyak pengangguran kita butuh orang yang dapat create pekerjaan,” tutup JK.

Editor           : Mohamad Nur Asikin
Reporter      : Hana Adi